Selasa, 29 November 2016

Ah... Kalimantan Memang merupakan Kampung Halaman kami, memang Sungai Ayak yang biasa dalam penulisan di tulis dengan kata Sei Ayak ini terletak sangat pendalaman, dulu sebelum ada akses jalan menuju kecamatan ini, kami harus menggunakan jalur sungai dengan menyusuri Sungai Kapuas dari Pontianak dan membutuhkan waktu seminggu atau bahkan lebih apabila sungai sedang pasang, mungkin bagi kamu yang lahir dan besar di Pulau Jawa, HP merupakan suatu hal yang biasa, dan tahukan kamu bahwa sinyal HP baru masuk ke tempat kamu pada Tahun 2000 awal dan harus menggunakan antena penangkap sinyal yang tinggi menjulang di atas rumah.
Klenteng Di sungai ayak yang merupakan salah satu yang paling Tua di Kalimantan

Kami tidak akan panjang-panjang dalam menjelaskan betapa kekurangannya desa Sei Ayak ini, tapi itu dulu. sekarang jaman sudah semakin berkembang dan di Sungai ayak sudah ada Indomaret satu-satunya di kota kecamatan ini. asal muasal tempat ini tidak bisa di lepaskan dari kedatangan bangsa Tiongkok yang merantau jauh-jauh dari Tiongkok Daratan untuk mencari kehidupan yang lebih baik, dan dengan di temukannya emas yang berlimpah di tempat ini semakin membuat banyak sekali perantau yang datang kesini. Karena dengan adanya pendatang dari Tiongkok sehingga pernikahan campuran tidak bisa di hindari lagi. sudah banyak keturunan yang bercampur antara penduduk asli yaitu Suku Dayak dengan pendatang seperti bangsa Tiongkok dan Melayu yang datang dari semenajung Malaysia.
Air Terjun Sumpit, salah satu air terjun yang bisa di kunjungi

Sampai saat ini, "CIDAYU" yang artinya Cina Dayak dan Melayu hidup rukun berdampingan di Desa kecil ini. kamu bisa melihat Tugu Cidayu yang berdiri tegak di kawasan kampung Sepantak yang menggambarkan kerukunan umat disini. apabila Natal maka semuanya akan datang berkunjung ke rumah Si Kristen atau Katalik, Apabila Imlek maka semuanya akan berkunjung ke rumah Warga keturunan, begitu juga apabila lebaran, maka rumah warga muslim akan ramai dikunjungi oleh semua orang. begitulah cermin keragaman yang terpancar di tempat ini.

Letak Sungai Ayak di Kalimantan

O iya, sampai Lupa, Tempat Wisata disini juga gk kalah lho sama tempat lain, cuma karena  belum di kelola dan akses yang jauh membuat tempat-tempat ini sangat jarang dan bahkan belum di explore. untuk para pencinta alam liar, pasti dong gk akan melewatkan berkeliling hutan hujan tropisnya kalimatan, dan tidak hanya belitung yang punya danau kolin, di sini juga ada. bedanya apabila di Belitung bekas penambangan Timah, disini adalah bekas penambangan Emas yang sudah di lakukan Ratusan tahun yang lalu.Dan ada banyak Air terjun yang belum bisa di jelajahi kami ingin meng explore daerah ini tapi karena keterbatasan dana dan sumber daya membuat kami sampai saat ini belum bisa melakukan hal tersebut. tidak hanya di butuhkan dana dan sumber daya, tapi juga fisik yang kuat serta mental. karena memang kita akan menelusuri Hutan yang merupakan Paru Paru Dunia. Karena Sungai Ayak sendiri terletak di tangah Hutan Kalimantan. satu kegiantan yang jangan sampai di lewatkan adalah merasakan sensasi memancing di Sungai Kapuas yang merupakan sungai Terpanjang di Indonesia.

untuk Transportasi sendiri, kamu bisa mengambil penerbangan menuju Pontianak dari kota kamu, kemudia kamu harus menempuh perjalanan darat kurang lebih 7-8 jam untuk sampai ke desa ini. bis dari pontianak menuju Sungai ayak hanya ada 1 kali dalam sehari di pagi hari jam 7, kamu bisa menggunakan bis menuju sintang dan turun di simpang rabu, nanti dari situ kamu bisa naik ojek. di jamin aman walaupun tengah malam. alternatif lain kamu bisa naik taksi yang kebanyakan menggunakan mobil Minibus seperti Inova, dan km hanya membayar per kursi, sekitar 170 ribu untuk di antar sampai penyebrangan menuju sungai ayak.
Penyebrangan di Sungai Ayak

Yang menjadi kendala disini adalah, penginapan. karena memang tidak ada penginapan yang di sediakan, tapi jangan khawatir, kamu bisa menginap di rumah warga, dan untuk informasi lebih lengkap bisa menghubungi kami.

kalau kamu menyebrang ketika siang dan cuaca sedang bagus, kamu bisa melihat ada gunung di kejauhan hulu sungai kapuas.

disini juga ada penangkaran ikan arwana Merah lho, jadi kamu bisa lihat penangkaran ikan asli Kapuas ini dari dekat.

download juga e-book mengenai beberapa tempat keren di sini

"Jelalahi Negerimu, Karena Indonesia Keren Banget"   

0 komentar :

Posting Komentar

Search

Buy My Photo in :

Eddywu Stock Images

Instagram

--

Popular Posts

Recent Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Tiket dan Hotel

S

Search Here

Like

Blog Archive

Copyright © Travelovely - Travel with love everywhere and everytime | Powered by Blogger
Distributed By MyBloggerThemes | Design by SimpleWpThemes