Jumat, 04 November 2016

Banjarmasin adalah ibukota dari Provinsi Kalimantan Selatan, sudah pasti letaknya di pulau kalimantan. pasti sudah pada tahu dong pasar terapung yang keren banget di sini, tapi di banjarmasin gk cuma ada itu lho, ada apa aja ya yang bisa kamu kunjungi di banjarmasin ?

1. Pulau Kembang
Jembatan kayu di Pulau Kembang

Pulau biasanya ada di laut lepas, tapi pulau ini ada di tengah-tengah sungai barito, di pulau ini merupakan habitat dari monyet dan ada beberapa jenis burung endemik. konon menurut warga ada seekor monyet besar yang menjadi raja disini.
Monyet disini terkadang suka iseng, jadi sebaiknya membawa buat atau makanan kecil untuk mengalihkan perhatian mereka.
disini juga ada altar dan kuil dengan arca berbentuk monyet atau hanoman, oleh masyarakat tionghoa biasanya di gunakan untuk menaruh sesaji.

2. Pasar Terapung
Pasar Terapung

ini adalah ikon wisata dari Kota Banjarmasin, Pasar terapung yang paling terkenal adalah yang berada di muara sungai Barito, yaitu terletak di kelurahan kuin utara, Banjarmasin. kamu pasti kaget kalau tahu umur pasar ini sudah kurang lebih 400 tahun, semua barang yang mungkin kamu pikir gk akan ada di jual di sini ternyata ada. mulai dari hasil kebun sampai pakaian, tentunya jangan sampai kamu lupa mencicipi soto banjar yang terkenal itu dengan di santap di atas kapal.

Pasar ini buka dari jam 05.00 s/d 07.00 jadi harus bangun pagi ya kalau mau kesini.

3. Museum Wasaka
Museum Wasaka

Museum ini adalah museum sejarah bisa di lihat dari namanya Wasaka yang artinya Waja Sampai Kaputing yang merupakan moto perjuangan rakyat kalimantan selatan.Tempat wisata sejarah ini berada di Jalan H. Andir, Kampung Kenang Ulu, Banjarmasin Utara. Arsitektur bangunannya adalah rumah adat Banjarmasin yang berbentuk panggung dengan atap tinggi.
Di dalamnya, terdapat berbagai koleksi foto, mesin ketik, seragam perjuangan, dan senjata yang digunakan untuk melawan penjajah seperti keris dan senjata api milik Belanda yang berhasil dirampas. Selain itu, ada sebuah sepeda tua yang dahulu digunakan untuk mengantar surat secara sembunti-sembunyi.
Yang menarik adalah adanya teks proklamasi yang dibuat pada tanggal 17 Mei 1949. Isi teks ini berbeda dengan teks proklamasi yang banyak diketahui rakyat Indonesia selama ini. Hal ini dikarenakan menurut Perjanjian Linggarjati, Kalimantan tidak masuk dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Meskipun demikian, rakyat Kalimantan masih terus berjuang untuk menjadi bagian dari NKRI dan berhasil menyatakan kemerdekaannya empat tahun setelah Bung Karno membacakan teks proklamasi.
Museum Wasaka buka setiap hari kecuali Senin dan hari libur nasional, mulai pukul 08:30 sampai 12:30. Anda tidak dikenakan biaya untuk masuk ke sini.

4. Pasar Intan Martapura 
Pasar Intan Martapura

Yang suka belanja wajib kesini, disini kamu bisa belanja berbagai bentuk batu permata, karena martapura memang terkenal dengan penghasil batu permata terbaik di Indonesia. Jarak Martapura sendiri dari Banjarmasin sekitar 40 KM. selain menjual batu permata kamu juga membeli berbagai perhiasan yang sudah siap pakai dengan batu permata yang indah-indah.

5.  Kampung Sasirangan
Kampung Sasirangan

Jenis Batik di Indonesia ternyata buanyak banget, gak cuma di jawa dan sumatra tapi di kalimantan juga begitu banyak jenis batik, salah satunya ada di kampung ini. Kampung Sasirangan Merupakan pusat Batik Sasirangan yang merupakan batik khas Banjarmasin, letaknya persis di seberang mesjid kampung melayu.
asiknya lagi ni, kamu gk cuma bisa membeli batik disini tapi bisa lihat proses pembuatannya langsung live tanpa buffering.

6. Jembatan Sungai Barito
Senja di Jembatan Barito (https://travellingismylifedotcom.files.wordpress.com)

Menikmati Senja di pinggir sungai barito emang seru, apalagi di temani makanan khas soto Banjar dan dengan pemandangan Jembatan Sungai Barito yang memikat. merupakan paduan sempurna buat kamu menghabiskan senjamu di kota ini.

 "Jelajahi Negerimu, Karena Indonesia Keren Banget" 

0 komentar :

Posting Komentar

Search

Buy My Photo in :

Eddywu Stock Images

Instagram

--

Popular Posts

Recent Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Tiket dan Hotel

S

Search Here

Like

Blog Archive

Copyright © Travelovely - Travel with love everywhere and everytime | Powered by Blogger
Distributed By MyBloggerThemes | Design by SimpleWpThemes