Senin, 31 Oktober 2016

Tempat-tempat kece di kuningan uda kami share di artikel sebelumnya, habis jalan-jalan pasti dong perut keroncongan minta di isi, nah ada beberapa makanan khas kuningan yang harus kamu cobain.

1. Hucap (Tahu Kecap)
Hucap

hidangan ini adalah khas Kuningan, penyajiannya seperti ketoprak ataupun kupat tahu. sesuai dengan namanya bahan utamanya pasti tahu yang di goreng, di campur dengan bumbu kecap, kuah kacang dan kupat. rasanya agak manis karena menggunakan Kecap Asin, bisa juga minta agar pedas sesuai dengan selera kamu.


2.  Nasi Kasreng

Nasi Kasreng

Hidangan ini adalah hidangan yang murah meriah. Nasi kasreng ini adalah nasi bungkus seperti nasi kucing dan di santap dengan aneka lauk pauk. lauk pauknya antara lain Goreng ikan Paray, Pepes Ikan Paray, sambal, lalapan dan lain-lain. Nasi Kasreng dapat kamu temukan di warung-warung di wilayah kecamatan Luragung.

3.Sop Buntut Bakar

Sop Buntut Bakar

Siang-siang habis muter-muter ke tempat-tempat yang keren, makan siang di suguhi ama sop buntut bakar pas banget. Ini adalah salah satu makanan khas yang ada di kuningan. Buntut sapi yang di olesi dengan mentega di panggang hingga kecoklatan dan di sajikan dengan kuah kaldu yang gurih, apalagi di santap ketika masih ada asap menbumbung dari hidangan ini, di jamin pasti nambah nasi. Buntut Bakar yang kami rekomendasikan adalah di saung lesehan Kuningan, Jalan Raya Kuningan - Cirebon, Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana.

4. Ketempling
Ketempling

Yang suka cemil-cemilan jangan lupa dengan camilan yang satu ini, camilan ini berbahan dasar singkong berbentuk bulat kembung dengan kosong di bagian tengah. rasanya yang gurih dan teksturnya yang khas singkong menjadikan camilan ini teman yang pas untuk makan bakso ataupun Soto.

5. Tahu Lamping / Tahu Kopeci
Tahu Lamping

Selama ini yang sudah meng "Indonesia" adalah tahu sumedang, tapi jangan salah kamu bisa menemukan tahu asli Kuningan yaitu Tahu Lamping atau ada juga yang menyebut namanya Tahu Kopeci, Tahu ini konon katanya lebih enak daripada Tahu Sumedang yang melegenda. bagian dalam dari tahu ini padat dan halus.

6. Peuyeum Ketan
Peuyeum Ketan

sebenarnya sama saja dengan peuyeum bandung, hanya yang membedakannya adalah bahan dasar pembuatannya, apabila bandung menggunakan Singkong maka di Kuningan menggunakan ketan. Beras ketan yang sudah di kukus dibungkus dengan menggunakan daun jambu. rasa dan aromanya yang unik  rasanya juga enak. silahkan di coba sendiri.

7. Keripik Gadung
Keripik Gadung

Keripik ini berbahan dasar umbi gadung. Tanaman gadung memang banyak di temukan di kuningan. keripik ini harus di oleh dengan benar karena beracun apabila di olah dengan cara yang salah. Untuk menghilangkan racun dari umbi gadung, umbi gadung yang sudah dibersihkan dan diiris tipis harus diperam dengan abu lalu dijemur. Setelah dijemur, keripik gadung dicuci bersih lalu dijemur lagi hingga kering lalu digoreng. Keripik gadung memiliki citarasa gurih dengan aroma bawang. Keripik gadung memiliki tekstur yang tidak terlalu keras dibandingkan keripik ubi ataupun keripik singkong. Namun, karena pengolahannya yang sulit, keripik gadung tidak terlalu mudah ditemui.

8. Kopi Luwak Linggarjati

Kopi Luwak Linggarjati

Bagi para pencinta kopi, kopi ini wajib di beli sebagai oleh-oleh atau di nikmati sendiri, kopi ini di budidayakan di gunung ciremai tepatnya di daerah linggarjati.

jadi tidak hanya tempat-tempat yang keren di kuningan, makanan juga banyak yang enak lho. tiap daerah berbeda selalu ada makanan khasnya sendiri. jadi kalo kamu jalan-jalan harus hukumnya mencicipi makanan khas di daerah tersebut, karena indonesia keren banget.




0 komentar :

Posting Komentar

Search

Buy My Photo in :

Eddywu Stock Images

Instagram

--

Popular Posts

Recent Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Tiket dan Hotel

S

Search Here

Like

Copyright © Travelovely - Travel with love everywhere and everytime | Powered by Blogger
Distributed By MyBloggerThemes | Design by SimpleWpThemes