Kamis, 13 Oktober 2016

Hallo travelers, kesempatan kali ini kami ingin share satu daerah yang menurut kami memiliki begitu banyak potensi wisata Yaitu Provinsi Kalimantan barat dengan segala kemajemukannya.

Seperti yang kami dapat informasi dari Wikipedia, Kalimantan Barat dengan ibu kota Pontianak ini adalah provinsi terbesar ke Empat di Indonesia setelah Papua, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah, jadi bisa di bayangkan dong tempat-tempat yang bisa di kunjungi di sini, mulai dari pantai sampai gunung ada di sini. bahkan danau air tawar besar ada disini yaitu danau Sentarum dan Sungai terpanjang yang ada di Indonesia juga ada di Provinsi ini yaitu sungai Kapuas.
Sejarah awal adalah dengan berdirinya kerajaan Tanjung Pura di daerah Pontianak sekarang, yang sampai hari ini di abadikan sebagai perguruan tinggi negeri paling bagus di Kal-Bar yaitu Universitas Tanjung Pura. lalu kemudian ada Kesultanan Pontianak,

Kita tidak akan berlama-lama belajar sejarah, karena memang blog ini adalah blog perjalanan. bukan blog sejarah. nah, ada apa aja c yang bisa di jadikan petualangan Seru disini,

Kota Pontianak

Kota Pontianak adalah kota yang spesial, karena kota ini tepat di lewati garis khayal khatulistiwa, ada beberapa tempat rekomendasi yang bisa di kunjungi di Kota Ini.


1. Keraton Kadriah


Kraton Kadriah 

 Kraton ini di bangun pada tahun 1771 oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alqarie yang merupakan sultan pertama Kesultanan Pontianak. Kraton ini terletak di jalan Tritura Kota Pontianak, di dominasi oleh warna kuning dan terbuat dari Kayu Belian. Kayu Belian adalah kayu yang kerasnya pake banget tidak biasa. kayu apabila terendam air biasanya akan membusuk, tapi tidak dengan kayu ini, semakin lama dia terendam di dalam air maka akan semakin keras dan kuat kayu ini. bahkan untuk memaku kayu ini harus di bor terlebih dahulu, bisa di bayangkan kerasnya seperti apa.
Kembali ke Kraton Kadriah, Di halaman kraton terdapat meriam peninggalan Jepang dan Portugis sedangkan di dalam kraton travelers bisa menemukan singgasana permaisuri dan raja. banyak koleksi foto dan peninggalan-peninggalan di dalam kraton ini, bagi yang menyukai sejarah ini adalah tempat yang cocok untuk di kunjungi

2. Tugu Khatulistiwa


Ini adalah landmark dari Kota Pontianak dan juga untuk Provinsi Kal-Bar, dulu tugu tidak seperti sekarang. Tugu ini sangat mudah di jumpai karena memang tidak begitu jauh dari Pusat Kota.
ada yang menarik di sini adalah setiap tahun akan ada dimana bayangan sama sekali tidak ada, dengan kata lain matahari berada persin di tengah-tengah, fenomena ini bisa di saksikan tanggal 21-23 Maret atau 21-23 September.
Di komplek ini juga ada museum yang berisi sejarah berdirinya tugu tersebut dan bisa membeli miniatur tugu sebagai oleh-oleh. mau dapet bukti kalau sudah pernah kesini ? siapkan saja uang Rp.10.000 untuk membayar sertifikat bahwa kamu sudah pernah kesini. seru kan..

3. Sungai Kapuas

Sungai Kapuas Melintas di tengah-tengah Kota Pontianak, membelah menjadi 2 bagian. hal yang paling menarik disini adalah aktifitas masyarakat sekitar sungai. saat paling indah menikmati keindahan kapuas adalah ketika senja, waktu di mana matahari kembali ke peraduannya. memang atraksi disini belum seramai di bangkok, tapi Pontianak memiliki Potensi untuk menjadi Bangkoknya Indonesia.

0 komentar :

Posting Komentar

Search

Buy My Photo in :

Eddywu Stock Images

Instagram

--

Popular Posts

Recent Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Tiket dan Hotel

S

Search Here

Like

Copyright © Travelovely - Travel with love everywhere and everytime | Powered by Blogger
Distributed By MyBloggerThemes | Design by SimpleWpThemes