Kamis, 22 Desember 2016

Kamu yang tidak ada rencana untuk keluar kota dari Ibu kota masih bisa koq menikmati liburan, karena di Jakarta juga banyak sekali tempat bagus, salah satu yang mungkin bisa kamu coba sebagai alternatif adalah Museum yang banyak terdapat di Jakarta. Tempat ini tidak kalah lho dengan Museum di luar negeri dan tentunya ekonomis karena kamu dengan Bus Transjakarta bisa mengelilingi semua jakarta dengan murah. Lantas Museum apa saja yang bisa kamu kunjungi ayo kita lihat

1. Museum Nasional Republik Indonesia

Museum ini biasanya di kenal dengan nama Museum Gajah, bukan karena museum ini menampung koleksi mengenai Gajah, akan tetapi karena di depan museum ini ada patung gajah. Museum ini merupakan museum pertama dan terbesar se Asia Tenggara.

Museum ini bermula pada tahun 1778 ehmm sudah cukup berumur ya, dan tepatnya pada tanggal 24 April. pada saat pembentukan Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen (Ikatan Kesenian dan Ilmu Batavia). J.C.M. Radermacher, ketua perkumpulan itu, menyumbang sebuah gedung yang bertempat di Jalan Kalibesar beserta dengan koleksi buku dan benda-benda budaya yang nanti menjadi dasar untuk pendirian museum. yang paling keren disini adalah Taman Arca, disini kamu bisa lihat arca-arca peninggalan dari beberapa ratus tahun yang lalu malah, dan tempatnya juga keren.

2. Museum Seni Rupa dan Keramik.

Museum Seni Rupa dan Keramik terletak di Jalan Pos Kota No 2, Kotamadya Jakarta Barat, Provinsi DKI Jakarta, Indonesia. Museum yang tepatnya berada di seberang Museum Sejarah Jakarta itu memajang keramik lokal dari berbagai daerah di Tanah Air, dari era Kerajaan Majapahit abad ke-14, dan dari berbagai negara di dunia.
Gedung yang dibangun pada 12 Januari 1870 itu awalnya digunakan oleh Pemerintah Hindia-Belanda untuk Kantor Dewan Kehakiman pada Benteng Batavia (Ordinaris Raad van Justitie Binnen Het Kasteel Batavia). Saat pendudukan Jepang dan perjuangan kemerdekaan sekitar tahun 1944, tempat itu dimanfaatkan oleh tentara KNIL dan selanjutnya untuk asrama militer TNI.

3. Museum Taman Prasasti

Museum ini mungkin tempat yang tidak asing lagi untuk para Fotografer karena memang sering di lakukan pemotretan disini, baik bersifat hobby maupun komersil. Museum ini sebenarnya adalah taman pemakaman lama belanda yang sudah di pakai sejak lama, tapi saat ini sudah tidak ada lagi jenazah yang di makamkan disini, sudah di pindahkan dan banyak yang di bawa pulang kenegaranya. disini juga ada nisan dari aktivis pemuda yang meninggal di Gunung Semeru, Soe Hok Gie, nisannya berbentuk malaikat kecil. tempat ini fotogenik banget, coba lha kamu kunjungi.
Beberapa koleksi di mesium ini adalah prasasti dari zaman Belanda dan akam beberapa tokoh Belanda, Inggris dan Indonesia atau Hindia Belanda Seperti A.V. Michiels (tokoh belanda di perang Buleleng), Dr. H.F. Roll (pendiri STOVIA) dan J.H.R. Kohler (Tokoh Operasi Belanda di Aceh).

4. Museum Tekstil

Meseum Tekstil Bertempat di Jalan Aipda K.S. Tubun No.4, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Museum ini secara resmi dibuka pada tanggal 28 Juli 1976 dan berdiri dengan menempati gedung tua di atas areal seluas 16.410 meter persegi. useum Tekstil merupakan sebuah cagar budaya yang secara khusus mengumpulkan, mengawetkan, serta memamerkan karya-karya seni yang berkaitan dengan pertekstilan Indonesia.
Meseum ini merupakan yang terbesar di Indonesia useum ini mempunyai koleksi-koleksi sekitar 1.000 buah. Keistimewaan museum ini terletak pada koleksi-koleksinya yang kebanyakan merupakan koleksi tekstil tradisional Indonesia.

5. Museum Bahari

Museum Bahari terletak di Jalan Pasar Ikan No. 1 Sunda Kelapa, Jakarta Utara. Buka dari 09.00 - 15.00 WIB, dari Selasa hingga Minggu. Pada hari libur sekolah, museum tetap dibuka. Museum Bahari adalah museum yang menyimpan koleksi yang berhubungan dengan kebaharian dan kenelayanan bangsa Indonesia.
Di dalam museum terdapat beberapa koleksi antara lain jenis perahu tradisional dengan aneka bentuk, gaya dan ragam hias, hingga kapal zaman VOC. Selain itu ada pula berbagai model dan miniatur kapal modern dan perlengkapan penunjang kegiatan pelayaran. Sedikitnya ada 126 koleksi benda-benda sejarah kelautan.

Penting di catat ya, semua Museum di Indonesia akan tutup pada Hari Senin, jadi kalau kamu mau berkeliling museum jadi jangan datang hari senin ya.

buat kamu yang dari luar kota bisa cek tiket promo pesawat dan kereta menuju jakarta disini 
"Jelajahi Negerimu, Karena Indonesia Keren Banget"




0 komentar :

Posting Komentar

Search

Buy My Photo in :

Eddywu Stock Images

Instagram

--

Popular Posts

Recent Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Tiket dan Hotel

S

Search Here

Like

Copyright © Travelovely - Travel with love everywhere and everytime | Powered by Blogger
Distributed By MyBloggerThemes | Design by SimpleWpThemes